PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SEKOLAH SWASTA DENGAN SEKOLAH NEGERI

PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SEKOLAH SWASTA DENGAN SEKOLAH NEGERI

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Pendidikan agama Islam sangatlah penting peranannya dalam membentuk kepribadian dan moral siswa. Pendidikan agama islam tidak hanya diperoleh disekolah-sekolah swasta yang notabenenya lebih banyak memasukkan pelajaran agama didalam jam pelajaran siswa, akan tetapi disekolah-sekolah negeripun juga ada jam untuk pelajaran pendidikan agama islam. Pendidikan agama islam bukan hanya untuk membentuk kepribadian dan moral saja. Karena tanpa ilmu pendidikan agama islam kita tidak akan tahu dimana batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh kita lakukan. Sehingga ilmu pendidikan agama Islam dirasa Sangat perlu dan diperhatikan lagi materi-materinya.
Untuk mewujudkan danmenciptakan generasi yang berakhlak mulia maka diperlukan figure pendidik yang bukan hanya mampu menerangkan materi saja, namun juga menerapkan materi yang diajarkannya dalam kehidupan sehari-hari serta memiliki kepribadian yang baik sehingga dapat menjadi panutan bagi peserta didiknya. Selain itu, seorang pendidik juga harus memiliki berbagai macam variasi metode belajar yang menyenangkan mudah dipahami serta edukatif agar peserta didik tidak mengalami kebosanan.
Sudah menjadi kewajiban sebuah institusi/sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif yang diantranya juga terpenuhinya alat sarana dan prasarana agar minat siswa dapat membangkitkan motivasi dan keinginan untuk menjadi pribadi muslim yang bukan hanya rajin sholat namun tidak mengerti apa itu sholat.
Sudah tentu pelajaran pendidikan agama islam antara sekolah negeri dengan swasta itu berbeda namun bukan berarti tidak mempunyai persamaan karena peran ilmu pendidikan islam adalah menciptakan insan yang mulia dan berkepribadian muslim. Dan sikap itu dapat tumbuh dalam diri peserta didik apabila lingkungan mendukungnya. Bukan hanya lingkungan sekolah tetapi juga dari masyarakat sekitar, keluarga dan teman. Dan dengan adanya ilmu pendidikan Islam ini maka diharapkan kedepannya kita mempunyai penerus yang bertaqwa dan berakhlak mulia.

B. IDENTIFIKASI MASALAH
• Dalam pendidikan dibutuhkan lingkungan yang kondusif dan sarana prasarana yang memadahi akan tetapi tidak terpenuhi, maka kegiatan pendidikan menjadi tidak lancar.
• Seharusnya sekolah swasta lebih memperhatikan hasil pendidikannya dengan mencetak generasi yang berakhlak mulia Namur kenyataannya ada yang menjadi pelaku kriminal.
• Harapan pendidik sekolah negeri yang ingin menyampaikan materi yang sama dengan sekolah swasta namun kenyataannya tidak ada jam untuk hal tersebut.
• Orang tua yang ingin anaknya rajin sholat tetapi orangtuanya sendiri jarang sholat.

C. BATASAN MASALAH
• Pengajar atau pendidik
• Variasi atau metode belajar
• Sarana dan prasarana
• IQ
• Minat belajar
• Motivasi
• Peserta didik

D. RUMUSAN MASALAH
1. Seberapa besar peran pendidikan agama Islam disekolah swasta dengan sekolah negeri?
2. Seberapa besar hubungan peranan pendidikan agama Islam antara sekolah swasta dengan sekolah negeri?
3. Apakah terdapat perbedaan antara peranan pendidikan agama Islam sekolah swasta dengan sekolah negeri?
4. Seberapa besar peran pendidik dalam sekolah swasta dan sekolah negeri?

No comments:

Post a Comment