HASILPENELITIAN

BAB IV
HASILPENELITIAN

A. DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN
1. Profil Lembaga
Secara geografis MA Al-Islam Jamsaren Surakarta terletak di jalan Veteran No.263, Kelurahan Serengan, Kecamatan Serengan, Kotamadia Surakarta, no telp/faks (0271) 647715, kode pos 57115. Blog www.jamsaren.wordpress.com. Bangunan MA Al-Islam Jamsaren Surakarta dibangun diatas tanah milik sendiri seluas 3410m2 yang menghadap ke utara.
Menurut sejarah berdirinya, dalam kancah Pendidikan nasional MA Al-Islam Jamsaren surakarta merupakan sekolah pioner yang memadukan antara kurikulum pendidikan umum (SMA) dan kurikulum pendidikan agama Islam (MA) tercatat MA Al-Islam berdiri sejak tahun 1942, dinegerikan menjadi MAAIN (sekarang MAN) pada tahun 1967 dan bersamaan dengan itu Yayasan perguruan Al-Islam tetap konsisten melanjutkan pendidikan dengan model MA-SMA Al-Islam (double degree).
Karena tuntutan dari pemerintah pada tahun 1989 institusi yang berada dibawah dua naungan tersebut (DEPAG dan DIKNAS) Dipisah menjadi dua:

1. MA Al-Islam dibawah naungan DEPAG dengan tetap memadukan kurikulum SMA dan MA berada di lokasi pondok pesantren Jamsaren, di jalan Vateran No. 263 Surakarta.
2. SMA AL-Islam dibawah naungan DIKNAS berada di lokasi masjid At-Taqwa Di jalan Honggowongso Surakarta.
2. Visi dan Misi MA AL-ISLAM
Visi MA Al-Islam Jamsaren adalah tegaknya tauhid untuk mencapai kebahagiaan hidup didunia dan akhirat berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Missinya adalah mengamalkan dan menegakkan ajaran Islam berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah dalam segala aspek kehidupan.
Tujuan adalah membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, mengembangkan kemampuan intelektual, akal pikir dan daya nalar serta ketrampilan hidup yang bertanggung jawab, membangun kehiduapan sosial yang beradab dan berakhlaq atas dasar persaudaraan dan persahabatan agar menjadi rahmat bagi seluruh alam.
Motto dari MA Al-Islam Jamsaren adalah ”meningkatkan intelektualitas, mendidik sikap mental mandiri, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan”.
Target MA Al-Islam Jamsaren diantaranya siswa memiliki keteguhan akidah dan akhlaq dan berakhlakul karimah, diterimannya lulusan MA Al-Islam Jamsaren di perguruan tinggi yang bonafide, lulusan MA Al-Islam Jamsaren memiliki bekal kemampuan life skill untuk dapat hidup mandiri, serta tercapainya kehidupan religius di lingkungan MA Al-Islam Jamsaren.
B. DESKRIPSI DATA
Penelitian dengan judul Hubungan Motivsi Berprestsi Dengan Pembentukan Akhlak Siswa Kelas XI MA Al-Islam Jamsaren Surakarta tahun 2011/2012 dengan sampel 76 responden dari 93 responden. Berikut adalah deskripi datanya:
1. Frekuensi Data
a. Motivasi Berprestasi Siswa
TABEL 4.1. Frekuensi Motivasi Berprestasi.
Interval Kategori Nilai Prosentase
78-86 Tinggi 31 41%
69-77 Sedang 25 33 %
60-68 Rendah 20 26 %
Berdasarkan table diatas diketahui tingkat motivsi berprestasi siswa kelas XI kategori rendah antara 60-68 dengan prosentase 26%, kategori sedang antara 69-77 dengan prosentase 33% dan kategori tinggi antara 78-86 dengan prosentase 41% sehingga, kategori yang paling bnyak adalah kategori tinggi. Berikut adalah gambar diagramnya:
Diagram 4.1 Frekuensi Motivasi Berprestasi.

b. Pembentukan Akhlak Siswa
TABEL 4.2. Frekuensi Pembentukan Akhlak.
Interval Kategori Nilai Prosentase
94-105 Tinggi 31 41 %
82-93 Sedang 29 38 %
70-81 Rendah 16 21 %
Berdasarkan table diatas diketahui tingkat motivsi berprestasi siswa kelas XI kategori rendah antara 70-81 dengan prosentase 21%, kategori sedang antara 82-93 dengan prosentase 38% dan kategori tinggi antara 94-105 dengan prosentase 41% sehingga, kategori yang pling bnyak adalah kategori tinggi. Berikut adalah gambar diagramnya:
Diagram 4.1 Frekuensi Motivasi Berprestasi.

2. Deskripsi Data Penelitian
Diskripsi data hasil penelitian ini didasarkan pada kuisioner angket yang digunakan untuk mengetahui Hubungan Motivasi Berprestasi Terhadap Pembentukan Akhlak. Data ini ditampilkan dalam bentuk skor rata-rata/mean, median, modus dan standar deviasi. Hasil yang diperoleh sebagai berikut:
a. Motivasi Berprestasi
TABEL 4.3. Deskripsi Data Motivasi Berprestasi.
Interval x f F fx
60-63 61.5 8 8 492
64-67 65.5 8 16 524
68-71 69.5 13 29 904
72-75 73.5 11 40 809
76-79 77.5 15 55 1163
80-83 81.5 14 69 1141
84-87 85.5 7 76 599
∑ 514.5 76 5630
1) Mean
Me = =
Me = =
Me = = 74
2) Median
Md = b +
Md = 71 +
Md = 71 +
Md = 71 +
Md = 71 +
Md = 71 + 3.27
Md = 74.27
Md = 74
3) Modus
Mo = b +
Mo = 75 +
Mo = 75 +
Mo = 75+
Mo = 75+ 3.2
Mo = 78.2
Mo = 78

b. Pembentukan Akhlak
TABEL 4.4. Deskripsi Data Pembentukan Akhlak
Interval x f F fx
70-74 72 6 6 432
75-79 77 8 14 616
80-84 82 13 27 1066
85-89 87 13 40 1131
90-94 45 10 50 450
95-99 97 14 64 1358
100-105 103 12 76 1230
∑ 563 76 6283
1) Mean
Me = =
Me = =
Me = = 82.67
Me = = 83
2) Median
Md = b +
Md = 84 +
Md = 84 +
Md = 84 +
Md = 84 +
Md = 84 + 4.23
Md = 88.23
Md = 88
3) Modus
Mo = b +
Mo = 94 +
Mo = 94 +
Mo = 94 + 3.33
Mo = 97.33
Mo = 97


TABEL 4.5. Deskripsi Data Penelitian
Variabel Motivasi Berprestasi Pembentukan Akhlak
Mean 73 85
Std deviasi 9.152308 7.408992
Minimum 60
70
Maksimum 86 105
C. UJI PRASYARAT ANALISIS
Uji Normalitas digunakan untuk mengetahui apakah sample data yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal atau tidak. Dengan menggunakan Chi Kuadrat ( 2 )yang selanjutnya harga 2 dikonsultasikan dengan 2 tabel.
2 =
Frekwensi yang di observasi
Frekwensi yang di harapkan
TABEL 4.6. Uji Normalitas Motivasi Berprestasi.
No Interval Fo Fh Fo-fh (fo-fh)2 (Fo-fh)2/fh
1 60-63 8 10.857 -2.857 8.163 0.752
2 64-67 8 10.857 -2.857 8.163 0.752
3 68-71 16 10.857 2.143 4.592 0.4223
4 72-75 13 10.857 0.143 0.02 0.002
5 76-79 14 10.857 4.143 17.16 1.581
6 80-83 11 10.857 3.143 9.878 0.910
7 84-86 6 10.857 -3.857 14.88 1.370
∑ 76 76 0 62.86 5.789
Dari hasil pengolahan data motivasi berprestasi dengan menggunakan rumus 2 diperoleh 2hitung 5.789 kemudian dikonsultasikan dengan dk 6 dengan 2tabel 12.592 karena harga 2hitung 5.789 lebih kecil dari 2tabel yaitu 5.789 < 12.592 maka dapat disimpulkan bahwa penyebaran data normal. TABEL 4.7. Uji Normalitas Pembentukan Akhlak. No Interval Fo Fh Fo-fh (fo-fh)2 (fo-fh)2/fh 1 70-74 6 11 -5 24 2.2 2 75-79 8 11 -3 8.2 0.8 3 80-84 13 11 2.1 4.6 0.4 4 85-89 13 11 2.1 4.6 0.4 5 90-94 10 11 -1 0.7 0.1 6 95-99 14 11 3.1 9.9 0.9 7 100-105 12 11 1.1 1.3 0.1 ∑ 76 77 -0 53 4.9 Dari hasil pengolahan data motivasi berprestasi dengan menggunakan rumus 2 diperoleh 2hitung 4.9 kemudian dikonsultasikan dengan dk 6 dengan 2tabel 12.592 karena harga 2hitung 4.9 lebih kecil dari 2tabel yaitu 4.9 < 12.592 maka dapat disimpulkan bahwa penyebaran data normal. D. PENGUJIAN HIPOTESIS PENELITIAN Untuk menganalisa data yang telah terkumpul dari hasil penelitian dan menguji hipotesis apakah diterima atau ditolak dengan menggunakan teknik analisis product moment. Untuk mengetahui angka harga rxy signifikan atau tidak dikonsultasikan dengan rtabel. Dari hasil data yang telah diolah, diperoleh hasil bahwa signifikansi rxy > rtabel. Setelah rxy diketahui, maka untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel X terhadap Y dengan mengkuadratkan rxy.
rxy =
rxy =
rxy =
rxy =
rxy =
rxy =
rxy = 0.81
Berdasarkan analisis data diperoleh niali rxy sebesar 0.81 kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada N = 76 dan signifikansi 5% sebesar 0.227 karena rxy.hitung 0.81 > rxy.tabel 0.227 menunjukkan bahwa motivasi berprestasi terhadap pembentukan akhlak memiliki hubungan.
Sedangkan reliabilitasnya 0.894366

E. PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN


No comments:

Post a Comment