RPP SKI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : MA AL-ISLAM JAMSAREN SURAKARTA
Mata Pelajaran            : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester            : XI IPS2 /1
Standar Kompetensi   : 1. Memahami keteladanan dakwah Rasulullah dalam membina umat
Kompetensi Dasar       : 1.3    Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
Indikator                     : 1.3.1 Menyebutkan hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
1.3.2 Menyimpulkan hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
1.3.3 Mengambil ibrah dari perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
Alokasi Waktu            : 1X 45 menit

I.    Tujuan Pembelajaran          :
Setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa dapat
1.   Menyebutkan hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
2.   Menyimpulkan hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkahdan Madinah
3.   Mengambil ibrah dari perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan dating

II. Karakter siswa yang diharapkan:
·   Percaya diri
·   Kritis
·   Toleransi
·   Komunikatif
·   Kreatif

III.    Materi Pembelajaran        : Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah

IV. Metode Pembelajaran       :
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Reading Aloud

V. Langkah-langkah kegiatan
a.          Kegitan awal               :
·       Guru mengucap salam dilanjutkan berdo’a
·      Guru meminta siswa untuk menyiapkan diri dalam menerima pelajaran
·      Guru mengulas materi yang sudah diajarkan kemarin
·      Guru memberikan apersepsi kepada siswa mengenai materi yang ingin disampaikan

b.         Kegiatan inti               :
Eksplorasi
·      Guru memilh sebuah teks yang menarik untuk dibaca dengan keras
·      Guru membagikan teks tersebut dalam bentuk alinea-alinea dan meminta sukarelawan untuk membaca keras bagian-bagian yang berbeda.
·      Guru menghentikan bacaan di beberapa tempat untuk menekankan point-point tertentu
·      Guru melakukan Tanya jawab kepada siswa mengenai materi yang disampaikan.

Elaborasi
·      Guru membagikan kertas dan meminta siswa untuk menuliskan sebuah pertanyaan dari materi yang sudah diberikan
·      Guru meminta siswa memilih soal yang menarik untuk dibahas bersama-sama.

Konfirmasi
·      Guru memberikan umpan balik dari jawaban siswa.
·      Guru mengkonfirmasi hasil dari eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.

c.          Kegiatan akhir             :
·      Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, penekanan dan tindak lanjut
·      Guru mengakhiri dengan bacaan hamdalah dan mengucap salam

VI.       Rincian Alokasi waktu :
·         Kegiatan awal   : 10 Menit
·         Kegiatan Inti     : 25 Menit
·         Kegiatan Akhir  : 10 Menit

VII.       Sumber Belajar
1.      Buku Paket Sejarah Kebudayaan Islam Aliyah 12
2.      Buku Paket Sejarah Islam MA
3.      Buku Sejarah Kebudayaan Islam Drs.Nasruddin
4.      Lembar Kerja Siswa

VIII.    Evaluasi
Soal A
1.      Penduduk asli madinah dinamakan ...
2.      Pangkalan air terkenal diantara madinah dan makkah ...
3.      Masjid yang pertama kali didirikan ...
4.      Walid tewas oleh ...
5.      Hari bertemunya dua golongan antara islam dengan quraisy ...
6.      Istri abu sufyan adalah ...
7.      Paman Rasulullah yang menunggal pada perang uhud ...
8.      Yang mengusulkan untuk membuat parit sebagai benteng pertahanan ...
9.      Siapa yang diutus Rasulullah untuk menjelaskan tujuan umat muslim datang ke makkah sehingga timbul perjanjian hudaibiyah ...
10.  Pada peristiwa fathul makkah, sayap kiri dipimpin oleh …

Soal B
1.   Fungsi masjid nabawi (10)
2.   Isi piagam madinah (20)
3.   Isi perjanjian hudaibiyah (15)
4.    membahas mengenai apakah ayat: (20)
a. QS Al-Baqarah ayat 190-193
b.QS Al-ahzab Ayat 9
c. QS Al-maidah ayat 3
5.   Menceritakan terjadinya perang (pilih salah  satu sesuai pemahamanmu) (25)
a. Badar
b.Uhud
c. Khandaq
d.         mu’tah



Jawaban soal A:


1.         Anshor
2.         Badar
3.         Quba
4.         Ali bin abi Thalib
5.         Yaumul Taqal Jam’al
6.         Hindun
7.         Hamzah
8.         Salman Al-Farisi
9.         Usman bin Affan
10.     Zubair bin Awwam

Jawaban soal B:
1.      Fungsi masjid nabawi
a.    Untuk bisnis dan pembinaan umat Islam diberbagai bidang. Antara lain bidang pendidikan, dakwah,
b.   Dibidang sosial digunakan untuk upacara pernikahan.
c.    Dibidang politik untuk pertahanan dan keamanan serta penyusunan strategi perang.
d.   Nabi juga mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Anshar. Diantaranya Ja’far bin Abi Thalib dengan Muas bin Jabal, Umar bin Khatab dengan ‘Itban bin Malik, Abdurrahman bin Auf dengan Sa’ad bin Rabi. Total yang dipersaudarakan nabi sekitar 90 orang sahabat.
2.      Isi piagam madinah
a. Orang Muhajirin dari Quraisy serta kabilah bani ‘Auf, bani Qa’idah, bani Harits, bani Najjar, bani Jasyam, bani Amr bin Auf, bani Nabiat bani Aus, meneruskan kebiasaan mereka ialah tentang tebus menebus diantaranya didalam hal tawanan dengan baik dan adil diantara sesama muslim
b.Orang yang beriman wajib tolong menolong
c. Orang yang beriman dan bertaqwa wajib mencegah kejahatan diantara mereka
d.   Orang Yahudi waib mengeluarkan belanja bersama orang Islam
e. Yastrib adalah kota terhormat
f. Bagi orang-orang yahudi agama mereka dan ornag Islam agama mereka
g.Yastrib tidak boleh didiami siapapun kecuali ijin penduduknya
h.Pertahanan Yastrib menjadi kewajiban seuruh penduduknya.
i.  Jika terjadi perselisihan maka penyelesaiannya dikembalikan pada Allah ‘Azza wa jalla dan Muhammad Rasulullah.
3.      Isi perjanjian hudaibiyah
a.    Umat Islam tidak diperbolehkan menjalankan umrah tahun ini. Tahun depan baru diperbolehkan.Umat Islam tidak boleh berada di makkah lebih dari 3 hari
b.   Keduanya tidak saling mmenyerang selama 10 tahun
c.    Orang Islam yang lari ke makkah (murtad) diperbolehkan, sedangkan orang kafir yang masuk madinah untuk menjadi Islam ditolak
d.   Suku arab yang lain, bebas memilih ikut ke madinah atau ke makkah
4.      Menjelaskan mengenai
a.       memerintahkan untuk berperang
b.      mengenai angin topan yang memporak porandakan kemah pada waktu perang khandaq
c.       ayat yang menandai berakhirnya tugas rasulullah/ wahyu terakhi yang menandai wafatnya nabi.


5.      Terjadinya perang (berdasar kemampuan siswa)
a.       Badar
b.      Uhud
c.       Khandaq
d.      mu’tah

IX. Skor Penilaian       :
Skor Soal A      : 1X10                         = 10
Skor soal B       : (10+20+15+20+25)   = 90
Total skor          : 10+90
                                                              =100

                                                                                     Surakarta, 5 September 2011
Guru Pamong                                                      Mahasiswa Praktikan

______________                                                 _______________
IstiKotimah, S.Ag                                                            Rizka Elfira

Saran Guru Pamong:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


No comments:

Post a Comment