file 04.KKT


FIELD NOTE

Judul : Penawaran Program                                                                            Kode file : 04
Waktu : Sabtu, 25 Februari 2012
            Setiap pagi saya sholat shubuh berjama’ah seperti halnya hari ini. Hari ini tidak ada acara belanja kepasar karena rekan saya hanum nisrinasudah membawakan bahan makanan dari rumah. Hari ini saya tidak memiliki agenda diluar posko. Sehingga saya membantu istri Bp. Widodo untuk memasak sayur Sop.
            Pukul 12.00  teman-teman yang menawarkan program ENGLISH FUN CLUB kembali ke posko. Kami makan siang bersama dan istirahat. Pukul 12.30. jam 15.00 saya ada agenda ke TPA namun karena  hujan kami membatalkannya. Karena informasi yang kami dapat ketika hujan kegiatan diluar rumah akan berhenti.Disitu kami belajar bahwasannya kepekaan sosial itu sangat penting untuk membangun terbentuknya solidaritas antar warga desa demi kerukunan desa tersebut. Pukul 16.00, kami pulang untuk mandi sore dan mempersiapkan pengajian ibu-ibu yang akan dilaksanakan ba’da maghrib sampai shalat isya’ di masjid Malangan. Hari ini saya mengisi materi pengajian dengan tema manfaat sholat.
Catatan reflektif :
            “Senyum adalah ibadah.” Penerapan kalimat tersebut membawa sejuta berkah dalam bersosialisasi dengan masyarakat. Sebagai umat sosial, manusia hendaknya memiliki kepekaan sosial di dalam dirinya sebagai unsur kemanusiaan yang tidak bisa hidup sendiri, dalam artian selalu membutuhkan orang lain untuk melangsungkan hidupnya.
Pertanyaan lanjutan :
            Bagaimana membangun kepekaan sosial dalam diri seseorang melalui nilai pendidikan yang diterapkan di sekolah maupun di luar sekolah?

No comments:

Post a Comment