file 03.KKT


FIELD NOTE
Judul: Sarasehan Bersama Para Pembesar Desa                                             Kode File : 03
Waktu: Jumat, 24 Februari 2012
Hari ini dimulai dengan sholat shubuh berjama’ah dan saya kebagian untuk mengisi kultum. Saya hanya bercerita mengenai kesederhanaan, bahwa kita tidak bisa menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya saja. Setelah MCK jam 08.00 kami makan pagi bersama dan  persiapan untuk mengadakan  kunjungan ke beberapa sekolah seperti yang telah direncakan malam sebelumnya.
Partner kerja saya kali ini adalah Rusyana Lailatun yang mendapat tugas untuk melakukan kunjungan ke SD (Sekolah Dasar) yang beralamat di Brenggalan Rt 02/ Rw 04 Tiyaran-Bulu. Kesimpulan dari kunjungan kami SD (Sekolah Dasar) tersebut memiliki 9 guru yaitu dan 1 karyawan. Jumlah siswa 54  Jam kelas dimulai pukul 7 sampai jam 12  dengan istirahat 1x selama 30 menit.
Pukul 13.30 kami mengikuti PKK ibu-ibu di Rumah Bapak Widodo. Kami memperkenalkan diri dan meminta arahan dari warga sekitar. Kami juga mendapat petuah dan nasehat dari ibu-ibu.
Malam harinya kami mengadakan rapat dengan para perangkat  desa. Dan hasilnya membuat kami merasa kesulitan. Karena kami disbanding-bandingkan dengan kelompok KKN dari Panti Kosala. Karena dari Panti Kosala telah member program sedangkan dari kami bekerja sama dengan masyarakat untuk menyelesaikan masalah secara bersama-sama.
Catatan Reflektif :
Komunikasi dengan pihak-pihak terkait semakin terjalin dengan baik. Kami, mahasiswa KKN berusaha untuk ikut serta dalam setiap program masyarakat yang diadakan.
Pertanyaan lanjutan:
 Bagaimana cara meningkatkan komunikasi yang baik dengan warga?

No comments:

Post a Comment