file 02.KKT


FIELD NOTE
Judul   : Pengumpulan Data                                                                            Kode File : 02
Waktu : Kamis, 23 Februari 2012

                Pagi hari ini dengan semangat baru saya sholat shubuh berjama’ah kemudian dilanjutkan dengan tadarus (membaca Al-Quran secara bergilir) dan kultum jatuh pada Sari Jumiati. Hari ini saya dan hindun mendapat tugas untuk masak. Saya belanja untuk 2 hari. Menu hari ini adalah sayur asem, sambel, tempe dan krupuk. Setelah selesai memasak mandi dan mempersiapkan makan siang untuk teman-teman. Setelah makan siang, sholat duhur kemudian istirahat. Sore harinya saya dan hindun mengunjungi rumah pak Rt untuk silaturahmi dan berbincang-bincang mengenai keluarga dan warganya serta kegiatan yang ada di Rt 01/Rw05
            Hasil observasi tersebut adalah sebagai berikut:
Jumlah KK Rt 01/Rw05 adalah 70 KK, Sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani dan perantau, sebagian yang lain sebagai pegawai negeri. Pendidikan paling tinggi adalah Perguruan tinggi. Pengajian dilaksanakan setiap malam Jumat pahing.Warga Rt 01/Rw05100% beragama Islam. Kesehatan masyarakat masuk kategori bagus, hanya para lansia seringkali mengalami gangguan kesehatan berupa darah tinggi dan stroke. Sumber Daya Alam berupa air sumur dan air dari sumber air di SD Gentan yang bisa diambil secara bebas. Warga sebagian adalah peternak sapi dan kambing, petani. Warga 100% adalah penduduk asli, tidak ada pendatang/ warga asing yang tinggal di daerah tersebut.Ada TPA atau bimbingan belajar. jumlah pelajar yang sedikit
Pukul 21.00 kami mengadakan briefing ke dua. Kami berdiskusi mengenai hasil observasi hari ini dan juga rencana esok hari. Di tengah-tengah briefing, pihak POLSEK Bulu datang memberikan pengarahan terkait program KKN.
Catatan Reflektif :
            Kegiatan hari ini cukup melelahkan. Kami mengadakan kegiatan secara berkala. Beberapa informasi dari para informan juga ilmu dari alam sekitar dan interaksi terserap dengan baik dan cukup menyenangkan.
Pertanyaan lanjutan:
            Bagaimana merealisasikan diri sebagai fasilitator di masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang direncanakan di hari berikutnya?

No comments:

Post a Comment