file 01.KKT


FIELD NOTE
Judul   : Pemberangkatan Mahasiswa KKT                                                    Kode File : 01
Waktu : Rabu, 22 Februari 2012

            Hari ini adalah hari Rabu, 22 Februari 2012. Sebelum berangkat kami mengadakan upacara pelepasan peserta KKT di  lapangan kampus pukul 8.30 yang diisi dengan sambutan dari Ketua LPM, Rektor, beserta doa, kemudian diikuti penutup. Setelah itu saya bersama rombongan bersama-sama berangkat menuju tempat KKT pada pukul 9.05 WIB molor 1,5 jam dari waktu yang sudah dijadwalkan. Kampus menyediakan 8 bus yang ternyata banyak yang kosong. Saya tadinya memilih transportasi bus akan tetapi pada pelaksanaannya saya membonceng teman dan memotong jalan agar lebih cepat. Barang saya dan teman-teman dimasukkan kedalam bus. Pukul 11 kami menghadiri acara penerimaan KKT di kecamatan Bulu yang diisi dengan sambutan oleh Rektor IAIN Surakarta, Ketua panitia Bulu, dan Bapak Camat Bulu. Pukul 12.00 baru menuju lokasi masing-masing.
Dari hasil visitasi yang dilakukan oleh perwakilan kelompok 24, saya dan teman-teman langsung menuju rumah Pak Widodo (Pak Bayan/Pak Kepala Dusun). Setelah berkenalan saya dan teman-teman membuat penataan tempat, dilanjutkan dengan Shalat dzuhur dan masak-masak untuk makan sore sedangkan yang lain istirahat. Menjelang maghrib karena kelaparan akhirnya saya dan temen-temen makan bersama baru dilanjutkan untuk sholat berjama’ah. Setelah adzan maghrib berkumandang, kami melakukan shalat maghrib berjamaah saya yang tidak terbiasa makan sebelum maghrib akhirnya sholat dengan tidak nyaman.
Malam hari kelompok saya membahas mengenai pembagian tugas memasak, tugas piket kebersihan, hal-hal yang akan dilakukan esok hari
Catatan Reflektif:
Perjalanan kami yang menghabiskan waktu selama kurang lebih 1,5 jam membuat kami merasa cukup lelah. Ternyata jauh lebih menantang saat Bapak Camat mengklasifikasikan daerah-daerah rawan longsor, daerah rawan banjir, dan penduduk yang 60% menjadi perantau. Bapak Camat menghimbau kita untuk lebih memantapkan dasar agama dan sosial kemasyarakatan.
Pertanyaan lanjutan:
Kegiatan apa yang akan saya lakukan untuk esok hari sebagai peserta KKT IAIN Surakarta?

No comments:

Post a Comment