RPP SKI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MA AL-ISLAM JAMSAREN
SURAKARTA
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XI IPS2 /1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami keteladanan
dakwah Rasulullah dalam membina umat
Kompetensi Dasar :
1.3 Mengidentifikasi hasil-hasil
perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
Indikator : 1.3.1 Menyebutkan hasil-hasil
perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
1.3.2 Menyimpulkan hasil-hasil perjuangan Rasulullah
SAW dalam dakwah Islam
pada periode Makkah dan Madinah
1.3.3 Mengambil ibrah dari perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam
pada periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan
yang akan datang
Alokasi Waktu : 1X 45 menit
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi ini
diharapkan siswa dapat
1. Menyebutkan
hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan
Madinah
2. Menyimpulkan
hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkahdan
Madinah
3. Mengambil ibrah dari perjuangan Rasulullah SAW
dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini
dan yang akan dating
II. Karakter siswa yang diharapkan:
·
Percaya
diri
·
Kritis
·
Toleransi
·
Komunikatif
·
Kreatif
III. Materi Pembelajaran :
Mengidentifikasi
hasil-hasil perjuangan Rasulullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah
dan Madinah
IV. Metode
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Reading Aloud
V. Langkah-langkah
kegiatan
a.
Kegitan awal :
· Guru
mengucap salam dilanjutkan berdo’a
· Guru meminta siswa untuk menyiapkan diri dalam
menerima pelajaran
· Guru mengulas materi yang sudah diajarkan kemarin
· Guru memberikan apersepsi kepada siswa mengenai
materi yang ingin disampaikan
b.
Kegiatan inti :
Eksplorasi
· Guru memilh sebuah teks yang menarik untuk dibaca
dengan keras
· Guru membagikan teks tersebut dalam bentuk
alinea-alinea dan meminta sukarelawan untuk membaca keras bagian-bagian yang
berbeda.
· Guru menghentikan bacaan di beberapa tempat untuk
menekankan point-point tertentu
· Guru melakukan Tanya jawab kepada siswa mengenai
materi yang disampaikan.
Elaborasi
· Guru membagikan kertas dan meminta siswa untuk
menuliskan sebuah pertanyaan dari materi yang sudah diberikan
· Guru meminta siswa memilih soal yang menarik untuk dibahas
bersama-sama.
Konfirmasi
· Guru memberikan umpan balik dari jawaban siswa.
· Guru mengkonfirmasi hasil dari eksplorasi dan
elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
c.
Kegiatan
akhir :
· Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, penekanan
dan tindak lanjut
·
Guru
mengakhiri dengan bacaan hamdalah dan mengucap salam
VI. Rincian Alokasi waktu :
·
Kegiatan
awal : 10 Menit
·
Kegiatan
Inti : 25 Menit
·
Kegiatan
Akhir : 10 Menit
VII. Sumber Belajar
1. Buku
Paket Sejarah Kebudayaan Islam Aliyah 12
2. Buku
Paket Sejarah Islam MA
3. Buku
Sejarah Kebudayaan Islam Drs.Nasruddin
4. Lembar
Kerja Siswa
VIII. Evaluasi
Soal A
1. Penduduk asli madinah dinamakan ...
2. Pangkalan air terkenal diantara madinah dan makkah ...
3. Masjid yang pertama kali didirikan ...
4. Walid tewas oleh ...
5. Hari bertemunya dua golongan antara islam dengan quraisy
...
6. Istri abu sufyan adalah ...
7. Paman Rasulullah yang menunggal pada perang uhud ...
8. Yang mengusulkan untuk membuat parit sebagai benteng
pertahanan ...
9. Siapa yang diutus Rasulullah untuk menjelaskan tujuan
umat muslim datang ke makkah sehingga timbul perjanjian hudaibiyah ...
10. Pada
peristiwa fathul makkah, sayap kiri dipimpin oleh …
Soal
B
1. Fungsi
masjid nabawi (10)
2. Isi
piagam madinah (20)
3. Isi
perjanjian hudaibiyah (15)
4. membahas mengenai apakah ayat: (20)
a. QS
Al-Baqarah ayat 190-193
b.QS
Al-ahzab Ayat 9
c. QS
Al-maidah ayat 3
5. Menceritakan
terjadinya perang (pilih salah satu
sesuai pemahamanmu) (25)
a. Badar
b.Uhud
c. Khandaq
d.
mu’tah
Jawaban soal A:
1.
Anshor
2.
Badar
3.
Quba
4.
Ali bin abi Thalib
5.
Yaumul Taqal Jam’al
6.
Hindun
7.
Hamzah
8.
Salman Al-Farisi
9.
Usman bin Affan
10. Zubair
bin Awwam
Jawaban soal B:
1. Fungsi
masjid nabawi
a. Untuk
bisnis dan pembinaan umat Islam diberbagai bidang. Antara lain bidang
pendidikan, dakwah,
b. Dibidang
sosial digunakan untuk upacara pernikahan.
c. Dibidang
politik untuk pertahanan dan keamanan serta penyusunan strategi perang.
d. Nabi
juga mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Anshar. Diantaranya Ja’far bin Abi
Thalib dengan Muas bin Jabal, Umar bin Khatab dengan ‘Itban bin Malik,
Abdurrahman bin Auf dengan Sa’ad bin Rabi. Total yang dipersaudarakan nabi
sekitar 90 orang sahabat.
2. Isi
piagam madinah
a. Orang
Muhajirin dari Quraisy serta kabilah bani ‘Auf, bani Qa’idah, bani Harits, bani
Najjar, bani Jasyam, bani Amr bin Auf, bani Nabiat bani Aus, meneruskan kebiasaan
mereka ialah tentang tebus menebus diantaranya didalam hal tawanan dengan baik
dan adil diantara sesama muslim
b.Orang
yang beriman wajib tolong menolong
c. Orang
yang beriman dan bertaqwa wajib mencegah kejahatan diantara mereka
d. Orang
Yahudi waib mengeluarkan belanja bersama orang Islam
e. Yastrib
adalah kota terhormat
f. Bagi
orang-orang yahudi agama mereka dan ornag Islam agama mereka
g.Yastrib
tidak boleh didiami siapapun kecuali ijin penduduknya
h.Pertahanan
Yastrib menjadi kewajiban seuruh penduduknya.
i. Jika
terjadi perselisihan maka penyelesaiannya dikembalikan pada Allah ‘Azza wa
jalla dan Muhammad Rasulullah.
3. Isi
perjanjian hudaibiyah
a. Umat
Islam tidak diperbolehkan menjalankan umrah tahun ini. Tahun depan baru
diperbolehkan.Umat Islam tidak boleh berada di makkah lebih dari 3 hari
b. Keduanya
tidak saling mmenyerang selama 10 tahun
c. Orang
Islam yang lari ke makkah (murtad) diperbolehkan, sedangkan orang kafir yang
masuk madinah untuk menjadi Islam ditolak
d. Suku
arab yang lain, bebas memilih ikut ke madinah atau ke makkah
4. Menjelaskan
mengenai
a. memerintahkan
untuk berperang
b. mengenai
angin topan yang memporak porandakan kemah pada waktu perang khandaq
c. ayat
yang menandai berakhirnya tugas rasulullah/ wahyu terakhi yang menandai
wafatnya nabi.
5. Terjadinya
perang (berdasar kemampuan siswa)
a. Badar
b. Uhud
c. Khandaq
d. mu’tah
IX. Skor
Penilaian :
Skor Soal A : 1X10 =
10
Skor soal B : (10+20+15+20+25) = 90
Total skor : 10+90
=100
Surakarta,
5 September 2011
Guru
Pamong Mahasiswa
Praktikan
______________ _______________
IstiKotimah,
S.Ag Rizka
Elfira
Saran
Guru Pamong:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment